Thursday, November 26, 2009

Belajar Slap Bass

Double Thumping

Pelajaran Slap Bass dengan menggunakan tehnik Double Thumping yang menghasilkan efek percusive.
Slap merupakan ornamen yang menjadikan pelengkap seorang bassist didalam memperdalam pelajaran bass nya. Bisa dikatakan belum komplit jika seorang bassist belum menguasai tehnik yang satu ini, Namun semua tergantung selera masing-masing.

Sebagai seorang bassist kita patut berbangga dengan instrument yang satu ini, begitu lengkapnya dan banyak perkembangan serta inovasi di dalam permainan bass. Setelah musik mengalami perkembangan serta mulai keluar dari pakem-pakem terdahulu, yang menganggap bass adalah instrument yang monoton dan cenderung mudah tanpa harus memperdalam secara teori dan teknik, semua pandangan itu terhapus sudah. Bass pada musik kontemporer justru berperan sangat luas dan jauh memiliki inovasi yang lebih luas. Inilah hasil kerja keras dan inovasi dari pahlawan-pahlawan Bassist baik di luar atau dalam negeri.

Sebut saja seperti Jaco pastorius, stanley clarke, Victor Wooten, Billy sheehan, beberapa diantara bassist-bassist yang memiliki karakter unik dan menjadi pionir dalam tehnik bermain bass sesuai dengan aliran musik mereka masing-masing.
Di dalam negeri kita mengenal nama-nama seperti : Pra Budidarma, mates, Yance Manusama, Indro Harjodikoro, Arya Setyadi, Adi Darmawan, dan masih banyak yang lain nya.
Mereka bisa dibilang pahlawan-pahlawan yang mempopulerkan bass dalam perkembangan musik kontemporer.

Oke kita lanjut saja pada topik inti yaitu Pelajaran Slap Bass " Double Thumping".
Bisa dilihat pada Video Streaming berikut ini :






No comments:

Post a Comment