Saturday, November 21, 2009

Karakteristik Google


Cara Google mengenali kata kunci dan perintah pencarian.

  • Perintah boolean

Cukup banyak orang mengira bahwa semua search engine yang ada di internet itu sama. Dugaan itu keliru, selain menyediakan layanan yang berbeda, masing-masing searh engine juga bekerja dengan cara yang berbeda.

Hampir semua search engine memanfaatkan sistem logika, yang disebut logika boolean, untuk mengkombinasikan konsep dalam kata-kata kunci. Beberapa penanda perintah (operator) boolean yang sering di pakai adalah AND, OR, dan NOT.

Dengan penandaan perintah AND, search engine disuruh untuk menemukan dokumen yang mengandung dua kata kunci atau lebih. OR untuk menyuruh search engine mencari dua kata contoh Soeharto OR suharto, sedangkan penandaan NOT adalah perintah untuk mengecualikan kata kunci contoh hijau daun NOT musik.

  • Google mengabaikan stop word
Google mengabaikan huruf tunggal dan kata henti (stop word) dalam bahasa inggris sebagai kata kunci. pengabaian stop word sebagai kata kunci dilakukan agar proses pencarian berjalan lebih cepat dan menghemat ruang simpan search engine.


Istilah stop word mengacu ke sebuah kata dalam bahasa inggris yang dianggap tidak penting. Beberapa stop word itu adalah kata : after, also, an, and, as, at, be, because, before, between, but, before, for, from, however, if, in, into, of, or, other, out, since, such, then, that,the, there, these, this, those, to, under, upon, when, where, whether, wich, with, within, without.

Pada halaman hasil pencarian, kata-kata yang diabaikan oleh Google akan di tampilkan dalam huruf biasa, tapi kata-kata yang disertakan dalam pencarian selalu di indikasikan dengan huruf tebal.

"Cobalah masukan kata kunci so what is a name , Lihat hasilnya".

Google mengabaikan stop word kata "what", tidak disajikan dalam format bold, yang berarti kata itu diabaikan oleh google.

No comments:

Post a Comment