Thursday, November 26, 2009

Billy Sheehan ke Indonesia

Billy Sheehan, Bassist Mr Big Ajarkan Teknik Bermain Bas
SURABAYA - Di kalangan pemusik, Billy Sheehan, bassist grup top Mr Big, dikenal sebagai ''dewa''. Kemarin, ''sang dewa'' itu turun dari ''kahyangan'' dan mengajarkan teknik bermain bas di Surabaya. Sekitar lima ratus penggemarnya memadati Hall Melodia Music untuk mendapat ilmu ngebas dari Billy.

Magnet kebesaran artis itu memang masih kuat. Betapa tidak, kata ''Hello'' yang terucap dari bibir Billy pun sudah bisa membuat pengunjung Billy Sheehan Clinic Tour 2009 itu histeris. Mereka langsung menyeruak ke bibir panggung hanya untuk melihat dari dekat teknik fingering ala Billy yang memang ciamik soro.

Gerakan-gerakan tangannya yang canggih kian membuat pengunjung berdecak kagum

Setelah menyimak satu-dua jurus, mereka kerap memberi aplaus. Billy pun kian atraktif menunjukkan tekniknya. Ada slapping (memukul senar), plucking (menarik atau ''mencubit'' senar), hingga penguasaan fingerboard yang mantap. Billy yang memakai Bass Yamaha Attitude LTD tersebut seolah ingin membagi semua kehebatannya.

''Billy itu mbah-nya bassist,'' ujar Haris Dimas Satria, salah seorang pengunjung. Menurut dia, bisa bertemu dan melihat secara langsung permainan Billy Sheehan adalah impian setiap bassist.


Tak hanya beratraksi, Billy juga terus berdialog dengan pengunjung. Dia juga bercerita tentang sejarahnya meniti karir hingga kegiatannya di jagat musik saat ini. ''Dunianya berbeda,'' ujar musikus asli Amerika tersebut.

Dia menambahkan, pada zamannya, televisi dan internet belum berkembang. Semua orang pun tertuju pada musik. Dia mengisahkan, pada zaman itu, semua radio memainkan beratus-ratus lagu setiap hari, bahkan tanpa iklan. Karena itu, kecintaan masyarakat terhadap musik gampang terpupuk.

Yang ditunggu penonton tentu bukan hanya ceramah tersebut. Karena itu, sejumlah tip pun diberikan Billy. Bahkan tip-tip yang tak langsung berkaitan dengan menarikan jari pada badan bas gitar. ''Kaki harus digerakkan sesuai tempo musik,'' jelasnya.

Billy menuturkan kisahnya saat mengisi pelatihan bermain bas di Italia. Semua peserta yang datang sangat jago bermain bas. Namun, ketika disuruh menggerakkan kaki, tak semua peserta bisa melakukan secara baik. ''Padahal, gerakan kaki akan lebih menstabilkan hasil suara bas,'' imbuhnya.

Menurut Barliansyah, PR & artist relation Yamaha Indonesia, kemampuan Billy memang tak diragukan. Jam terbangnya tinggi. Billy yang merupakan duta Yamaha itu akan mengisi acara serupa di Taipei dan Filipina.

Sumber : http://jawapos.com

No comments:

Post a Comment