Tuesday, November 24, 2009

Cara nge tuning bass

Sedikit berbagi pengalaman seputar mengoptimalkan bass Guitar. Dengan sering kita ngotak ngatik bass sendiri, maka kita akan lebih mengenal karakter bass yang kita pergunakan, dan akan lebih akrab dengan alat musik yang kita pegang.

Jelas setiap musisi ingin memiliki alat musik yang bagus, agar bisa menunjang atau memaksimalkan permainannya. Namun alat musik yang bagus dan nyaman untuk di pakai, pasti memiliki harga yang lumayan mahal. Namun jangan patah semangat dengan kondisi alat yang kita miliki, kita coba maksimalkan yang ada. Jangan pernah dijadikan alasan, lantas menyalahkan alat musik yang kita pergunakan, yang jelas terus berlatih dan olah rasa. Karena sound yang terbaik bukan dihasilkan dari alat musik, sound yang terbaik keluar dari dalam diri kita. Langsung aja kita ke TKP.....

Langkah-langkah untuk men tuning bass dan mengoptimalkan suara pada bass guitar

  • Siapkan Tuner dan kunci "L"

  • Dalam kondisi steman bass standar, Lihat dari bridge menuju ke neck bass apakah posisi neck bass kita dalam keadaan lurus atau tidak. Kasus yang terjadi seringnya neck bass tertarik ke dalam hingga neck menjadi tidak lurus. Untuk membuat posisi lurus kembali, kencangkan pengunci neck / Trust rod dengan kunci "L", putar perlahan-lahan, kemudian coba stem bas kembali pada kondisi standar. Apakah neck bass sudah ada dalam posisi lurus. Jika terlalu kencang Neck bass akan tertarik keluar, tinggal anda kendorkan kembali Trust rod, sampai menemukan posisi lurus pada steman standar.

  • Nah jika bass sudah ada pada posisi lurus, tinggal kita tune bass agar setiap fret pada bass tidak terdengar falls. Caranya yaitu pergunakan tuner, pada posisi open string kita tune bass seakurat mungkin, kemudian kita tune pada senar yang sama di fret ke-12 sampai didapatkan tune yang akurat. Jika ketika kita tune di open string bass dalam keadaan akurat, sedangkan di fret ke-12 bass meninggi tune nya, anda tinggal beralih pada bridge, lalu anda kencangkan dengan obeng hingga bridge bergeser ke belakang. Lakukan secara perlahan hingga anda menemukan tune yang akurat ketika open string dan menekan di fret ke-12. Lakukan hal yang sama untuk meng- tune senar-senar berikutnya. Perlu di ingat kendorkan senar ketika kita menarik bridge ke dalam.

  • Langkah berikutnya yaitu mengoptimalkan tinggi rendah senar pada neck bass. Bass atau gitar membutuhkan keakuratan yang tinggi, ini berhubungan dengan proses pembuatan bass atau guitar itu sendiri, dan juga jenis kayu yang dipergunakan. Bass-bass yang mahal sudah pasti memiliki keakuratan yang tinggi. Tetapi kita coba memaksimalkan bass milik kita walau harganya tidak semahal bas-bas bermerek. Kita atur tinggi rendah bridge dengan menggunakan kunci "L", sampai seluruh fret terdengar nada dengan jelas. Ini memang sangat berhubungan denga kwalitas bass itu sendiri, jika kwalitas bass kita bagus sangat mudah mengoptimalkan tinggi rendah senar sesuai dengan keinginan kita. Kadang kala ada sebagian pemain bass membentuk susunan senar seperti kurva, atau senar 4 dan senar 1 tingginya berada di bawah senar 2 dan 3. Itu tergantung selera kita, yang pasti anda akan menemukan batas terendah senar pada fret dengan syarat nada tetap terdengar utuh.

  • Terakhir adalah mengoptimalkan pick up bass. Pick up bass memang sudah di atur oleh pabrik sesuai standar pembuatan bass itu sendiri, agar mendapatkan karakter sound yang ingin di tampilkan dari bass tersebut, namun jika kita mau ngotak ngatik soundnya bisa saja dengan me naik turunkan pick up tersebut, jika kita turunkan sound yang dihasilkan akan lebih low. Nah jika kita naikan Pick up tersebut, maka suara bass akan cenderung midle. Akan terdengar jelas perbedaan sound ketika kita rekam suara bass kita. Namun harus cukup hati-hati melakukannya karena ini akan berpengaruh pada sound yang dihasilkan.

Oke sekian dulu posting dari saya mudah-mudahan bermanfaat buat para Bassist agar bass nya menghasilkan sound yang maksimal. Dan jangan takut untuk mencoba ngotak-ngatik bass kita toh bengkel bass masih banyak...he...he...oke lah kalo begitu!

No comments:

Post a Comment