Monday, November 23, 2009

Biografi Ben Folds Five

Ben Folds five adalah sebuah band trio rock alternatif yang dibentuk pada tahun 1993 di Chapel Hill, North Carolina. Grup yang terdiri dari Ben Folds pada vokal, piano, Robert Sledge pada bass dan backing vocal, Darren Jessee pada drum dan backing vokal.
Group yang mengusung achieved mainstream ini sukses dalam kancah musik alternatif, indie, dan pop. Band ini terkenal dalam hit single "Brick" dalam album Whatever and Ever Amen 1997, yang banyak diputar di stasiun-stasiun radio.

Ben Folds Five banyak dipengaruhi oleh aliran musik jazz, sering terlihat dalam beberapa konser dan lagu-lagunya selalu melakukan improvisasi, terutama pada bagian-bagian bridge dan ending. Selama tujuh tahun mereka bersama, band ini merilis tiga album dalam rekaman studio. Mereka juga menyumbang sejumlah soundtrack dan kompilasi. Ben Folds Five dibubarkan pada Oktober 2000.



  • History
Ben Folds Five dibentuk pada tahun 1993 di Chapel Hill oleh Ben Folds sang vocalist dan pemain piano. Mereka, pada kenyataannya adalah band trio meskipun nama band mereka terkesan memiliki lima personil, dan memiliki arti lain di balik namanya, terkesan humor dan sederhana. Menurut Ben's :"Saya kira itu terdengar lebih baik daripada "Ben Folds Three". Folds pernah menggambarkan musik mereka sebagai "punk rock for sissies" atau punk rock banci. Aliran musik mereka melawan atau merupakan sebuah reaksi pada saat sedang top-top nya aliran musik Rock pada dekade 90-an.

Single radio pertama mereka adalah "Underground" , dirilis pada tahun 1995 di Caroline records. Lagu yang mendapatkan sukses terbesar adalah "Brick" dari album kedua mereka "Whatever and Ever Amen" dirilis pada tahun 1997, diikuti Somber and jazz-based 1999 dalam album The Unauthorized Biography of Reinhold Messner. Live performance yang energik dan penuh improvisasi membawa Bens Fold Five menjadi band yang memiliki cukup reputasi.

Grup yang menyumbang sebuah outtake dari sesi Reinhold Messner, berjudul "Leather Jacket" tahun 1999, keuntungan album tersebut, disumbangkan untuk para Pengungsi Kosovo. Rekaman terakhir dengan cover Steely Dan's, hits nya "Barrytown" menjadi sound track untuk film Me, Myself & Irene. Band ini Melakukan tour ke seluruh dunia mensosialisasikan album The Unauthorized Biography of Reinhold Messner, dan membubarkan diri secara kekeluargaan pada Oktober 2000.

  • Pasca Bubar
Folds terus ber solo karir, meluncurkan "Rockin The Suburbs" pada tahun 2001, "Song's for Silverman" pada tahun 2005, dan sebuah album baru "Way to Normal", yang dirilis 30 September 2008.
Darren Jessee melanjutkan untuk membentuk band indie yang kemudian terkenal yaitu "Hotel Lights", merilis album debut pada 2005, bermain di cafe, "Goodnightgoodmorning" pada tahun 2006, "Firecracker People" pada 19 Agustus 2008.
Robert Sledge setelah bubar dengan Bens Fold Five memilih menjadi penyanyi, menulis beberapa lagu dan tetap bermain bass bersama band "International Orange" , tapi kelompok ini bubar pada tahun 2005. Kemudian menggarap proyek baru "BobSledge Band" yang debut pertunjukan pertamanya pada 13 September 2008 di The Mansion 462, Chapel Hill, North Carolina.

  • Reuni
Ben Folds Five pasca bubar pernah satu kali tampil kembali dalam sebuah konser pada bulan September 2008 di Memorial Hall in UNC Chapel Hill. Dalam sebuah acara MySpace "Front to Back" seri, di mana beberapa seniman memainkan album-album mereka secara live. Dan Bens Fold Five memainkan lagu-lagu di album terakhir, The Unauthorized Biography of Reinhold Messner, dan bergabung untuk beberapa saat ayah Ben's, Dean Folds ikut naik ke panggung, dimana kemudian membacakan transkrip voice mail yang digunakan dalam album 'Your Most Valuable Possession'.


  • Albums
* Ben Folds Five (1995) - Passenger/Caroline Records
* Whatever and Ever Amen (1997, digitally remastered in 2005) - 550 RIAA: Platinum
* Naked Baby Photos (1998) - Passenger/Caroline
* The Unauthorized Biography of Reinhold Messner (1999) - 550

  • Soundtracks & compilations
* Mr. Wrong soundtrack (1996) - Contributed "Song for the Dumped"
* The Truth About Cats & Dogs soundtrack (1996) - Contributed "Bad Idea"
* KCRW Rare On Air, Volume 3 (1997) - Contributed "Alice Childress"
* Lounge-a-palooza (1997) - Contributed "She Don't Use Jelly"
* MegaHits Dance Party, Volume 2 (1998) - Contributed "Brick (3AM Dance Remix)"
* Triple J Hottest 100, Volume 5 (1998) - Contributed "One Angry Dwarf & 200 Solemn Faces"
* Sabrina the Teenage Witch soundtrack (1998) - Contributed "Kate"
* Godzilla soundtrack (1998) - Contributed "Air"
* Burt Bacharach: One Amazing Night (1998) - Contributed "Raindrops Keep Fallin' On My Head"
* Teleconned, Volume 1: We Want The Airwaves (1998) - Contributed "Theme From Dr. Pyser"
* Me, Myself & Irene (2000) - Contributed "Barrytown"
* Songs for Summer (2000) - Contributed "Where's Summer B.?"
* Non Stop '90s Rock (2001) - Contributed "Brick"


Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Ben_Folds_Five

No comments:

Post a Comment